Photobucket
Site Web

Jumat, 18 November 2011

Eh! Desain Grafis Itu Apaan sih?

Pernah dengarkan yang namanya desain grafis sobeX? Barangkali nih, dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan produk dari desain grafis. Mulai dari berbagai macam bentuk sampul buku, desain yang ada di spanduk, majalah-majalah, ilustrasi foto, ataupun animasi. Semuanya ini hasil dari pekerjaan desain grafis.

Ngomong-ngomong desain grafis nih, apa sih yang sobeX tahu tentang desain grafis? Yuk kita lihat komentar cewek cantik ini. “Wah, kalau itu sih aku nggak tahu pasti. Rasa-rasanya desain grafis itu yang mengedit-edit gambar di komputer itu,” tutur Dian Fitiani.

Senada dengan Dian, Ayu Afrian juga mengatakan demikian. “Desain grafis itu yang menghasilkan karya berupa gambar-gambar atau teks yang udah diedit di komputer. Pada umumnya desain grafis itu juga termasuk dalam bentuk komunikasi. Sebab, ia menyampaikan lambang-lambang tertentu. Namun, nggak seefektif mungkin,” tutur mahasiswi UNP ini.

Namun, Arif berpendapat berbeda. Ia mengatakan desain grafis sebagai tempat menyalur ekspresi diri. “Desain grafis sebagai wadah untuk mengekspresikan diri. Apalagi bagi sobeX yang suka menggambar. Nah, desain grafis ini menjadi salah satu wadah untuk menghasilkan karya-karya yang lebih bagus dan menarik lagi,” tutur cowok yang suka animasi ini.

Ada beragam pendapat nih sobeX tentang desain grafis itu apa. Wajar dong, perkembangan desain grafis baru melejit di akhir abad ke 19-an ini. Pantes saja, di antara kita masih ada yang meraba-raba terhadap perkembangan teknologi. Desain grafis juga termasuk perkembangan dari teknologi dan seni. Sebenarnya sih, banyak hal yang berkaitan dengan desain grafis ini salah satunya foto. Foto juga bisa menjadi bahan dalam desain grafis.

Sayangnya nih dengan perkembangan teknologi yang seperti itu masih ada juga yang nggak tahu itu dengan desain grafis. Seperti Deni Rahmat yang mengaku tidak tahu dengan desain grafis. “Desain grafis pernah dengar sih, tapi nggak tahu desain grafis itu apa,” tutur cowok yang pecinta alam ini.

Dari pada ragu lagi sobeX, Xpresi kasih tahu nih. Namun, sebelumnya kita ketahui dulu sejarah desain grafis ini. Tahukah sobeX, ternyata desain grafis ini juga menggunakan alat-alat lho biar hasil cetakannya bagus dan menarik.

Nah, permulaan munculnya desain ini berawal dari penemuan mesin cetak lho sobeX. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland, Jerman. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.

Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak ikon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”. Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi.
Teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.

Mulainya perkembangan desain grafis mengalami perkembangan pesat yaitu pada saat kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.

Desain grafis itu berasal dari dua kata Desain dan Grafis. Kata Desain berarti rancangan, gambaran, atau proses. Sedangkan Grafis adalah garis atau titik yang nantinya berhubungan dengan cetak mencetak.

 (deva)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pesan Penulis

Saya hanya seorang newbie yang masih belajar dari anda semua, mohon maaf jika masih ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun penerbitan di blog ini, Pada dasarnya saya hanya ingin berbagi kepada yang membutuhkan, semoga blog ini bermanfaat. - Salam Sukses -